Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kapal Tenggelam di Karimun

Kompas.com - 17/05/2010, 21:38 WIB

KARIMUN, KOMPAS.com - Tiga kapal barang, masing-masing KM Mandiri, KM Anugerah Maranatha II dan KM Citra Line dilaporkan tenggelam di perairan Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, antara Minggu hingga Senin (17/5/2010) dinihari.

Kepala Seksi Penjagaan dan Keselamatan Adpel Tanjung Balai Karimun, Rahmat Desrial, di Tanjung Balai Karimun, Senin (17/5/2010) mengatakan, KM Mandiri berbobot 90 ton tenggelam Minggu pukul 22.00 WIB, di perairan Tanjungrambut, Karimun.

"Kapal tersebut tenggelam saat berlayar dari Pekanbaru tujuan Batam yang mengangkut kertas, tiga unit mobil dan dua sepeda motor," kata dia.

Pihaknya masih memeriksa nakhoda Abdul Azis beserta delapan awaknya terkait tenggelamnya kapal tersebut.

"Kami masih menyelidiki apakah kapal tersebut tenggelam karena faktor alam atau penyebab lain," katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun kapal beserta muatannya tenggelam saat ditarik kapal Anugerah Maranatha I ke Karimun.

"Kami bersama Pelindo turut mengerahkan kapal cepat dan tugboat untuk melakukan pencarian, namun tidak ketemu setelah akhirnya dievakuasi kapal Anugerah Maranatha I," jelasnya.

Kapal kedua, KM Anugerah Maranatha II dari Tanjung Balai Karimun tujuan Pekanbaru tenggelam di perairan Pulau Lalang (Riau) yang berbatasan dengan perairan Karimun, pukul 01.00 Senin dinihari.

Syafril, salah seorang awak kapal menuturkan, kapal tersebut tenggelam setelah lambungnya pecah dihantam gelombang. "Saat itu angin kencang datang tiba-tiba sehingga memicu ombak besar," katanya.

Setelah lambung kapal pecah, dia beserta delapan rekannya (termasuk nakhoda Jaiz) menyelamatkan diri dengan cara bergelantungan di tenda kapal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com