Jumat, 24 Oktober 2014

News / Regional

Polda Kepri Akan Benahi Satpam Drydocks

Selasa, 27 April 2010 | 18:15 WIB

BATAM, KOMPAS.com — Polda Kepri akan membenahi anggota satuan pengamanan (satpam) PT Drydocks World Graha. Menurut Kabiro Bina Mitra Polda Kepri Kombes Ricky F Wakanno, satpam Drydocks World Graha selama ini menjadi kepanjangan tangan kepolisian, tetapi tak kooperatif.

"Pembenahan akan dilakukan supaya satpam menjadi kooperatif kepada kepolisian, dan jumlahnya memadai untuk lingkungan kerja dengan 8.000 karyawan," kata Wakanno dalam rapat di Markas Polda Kepri, Selasa (27/4/2010).

Rapat membahas upaya pemulihan pascarusuh pekerja serta membahas kerja sama kepolisian dengan perwakilan serikat pekerja, asosiasi perusahaan, dan unsur Pemerintah Kota Batam menjelang peringatan Hari Buruh Sedunia (Mayday) 1 Mei 2010.

Wakanno mengatakan, dewasa ini jumlah anggota satpam di Drydocks World Graha hanya 100 orang. Selain terlalu sedikit, 60 orang tidak memegang izin dari kepolisian, sedangkan yang 40 orang memegang izin dan penyaluran ke perusahaan itu melalui badan usaha jasa pengamanan, PT Raihan.

Menurut Wakanno, anggota satpam yang berizin ataupun yang belum rata-rata kurang menguasai lapangan maupun tugas dalam Pasal 15 Undang-Undang No 2 Tahun 2002 tentang Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa).

UU Pam Swakarsa mewajibkan anggota satpam mewadahi pengaduan karyawan untuk disalurkan kepada manajemen perusahaan atau kepada kepolisian sehingga permasalahan ketenagakerjaan tidak menggelembung dan pada suatu saat meledak, misalnya, berupa kerusuhan pada lima hari silam.

Pembenahan di Drydocks World Graha, katanya, akan diawali dengan pemeriksaan keberadaan satpam sesuai dengan Peraturan Polri No 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan. Kepolisian juga akan memeriksa urusan kemigrasian tenaga kerja asing (TKA) di perusahaan tersebut.

Menurut Wakanno, Drydocks World Graha sedang membenahi gedung dan peralatan yang rusak agar perusahaan secepatnya dapat beroperasi kembali. Garis polisi yang melingkari beberapa barang bukti akan dicabut Poltabes Batam, Rempang, dan Galang mulai Rabu pekan ini.


Editor : made
Sumber: