Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Antisipasi Mayday di Batam

Kompas.com - 27/04/2010, 12:54 WIB

BATAM, KOMPAS.com — Terkait pascaamuk massa buruh yang terjadi dalam kawasan galangan kapal PT Drydocks World Graha di Batam pada Kamis pekan lalu, polisi mewaspadai peringatan hari buruh yang jatuh pada 1 Mei. Selasa (27/4/2010) siang, Kepolisian Polisi Daerah Kepulauan Riau menggelar rapat koordinasi.

Rapat yang dipimpin Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Kepri) Pudji Hartanto tersebut dihadiri pengurus serikat pekerja dan buruh, perwakilan pengusaha, dan Dinas Tenaga Kerja Kepri.

"Pengamanan ini sifatnya hal yang biasa dilakukan dan bukan karena ada insiden di Drydocks. Cuma kalau kemarin sempat terjadi kerusuhan, pengamanan ini sifatnya antisipasi," kata Pudji.

Sejumlah serikat pekerja pun menyatakan akan menggelar sejumlah rangkaian acara guna memperingati hari buruh tersebut. Di antaranya berupa seminar dan donor darah. Unjuk rasa, kalau pun dilakukan, akan berlangsung tertib.

Amuk massa buruh di PT Drydocks World Graha dipicu ungkapan buruh ekspatriat setingkat supervisor yang bernada rasisme kepada buruh Indonesia. Permasalahan ini akhirnya melebar hingga sampai pada pembakaran dan perusakan kantor, gudang, dan mobil. Insiden ini hanya terjadi dalam kawasan PT Drydocks World Graha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com