Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Cangkok Hati Ramdan Molor

Kompas.com - 24/04/2010, 14:18 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Operasi cangkok hati terhadap Ramdan Aidil Saputra (3,5) di RSU Dr Soetomo Surabaya, Sabtu (24/4/2010), hampir selesai. Saat ini dokter tengah menuntaskan pembelahan hati dari donor.

Operasi yang dimulai pukul 08.00 itu dilakukan di ruang 607 dan 609 Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSU Dr Soetomo. Ramdan dioperasi di kamar 609 dan ditangani delapan dokter.

Sementara ibu Ramdan yang menjadi donor, Sulistyowati (43), dioperasi di kamar 607 dan ditangani empat dokter. Operasi terhadap Ramdan dimulai dengan mengangkat semua bagian hati.

Bocah asal Tulungagung itu mengalami kelainan hati atau atresia bilier. Kelainan itu membuat seluruh jaringan hati Ramdan membusuk dan tidak bisa berfungsi. Ramdan mendapat donor dari ibunya yang menyumbangkan bagian pertama dan kedua dari hatinya. Saat ini, pembedahan hati Sulistyowati sudah 90 persen.

"Nanti tidak langsung dilepaskan dari tubuh donor. Menunggu sampai tubuh resipien siap menerima atau tinggal dipasangkan saja. Jadi, jaringan tidak terlalu lama di luar," ujar Ketua Forum Pers RSU Dr Soetomo, Urip Murtedjo.

Operasi awalnya dijadwalkan selesai pukul 15.00. Namun, sampai pukul 13.50, proses operasi baru menyelesaikan tahap pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com