Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Gerbong KA Antaboga Terguling

Kompas.com - 22/04/2010, 14:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga rangkaian kereta api barang Antaboga terguling saat meninggalkan Stasiun Jakarta Gudang, Jakarta Utara, pada Rabu (21/4/2010) malam. Kereta bernomor KA 2012 awalnya akan berangkat menuju Stasiun Pasar Turi, Surabaya. Namun, baru beberapa meter menuju perlintasan pertama tiba-tiba ambles.

Kejadian yang berlangsung sekitar pukul 22.50 itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Dugaan sementara, rel kereta api patah sehingga mengakibatkan tiga dari 20 rangkaian gerbong terguling.

Hal ini dipertegas oleh Humas PT KA Daerah Operasi I Jabodetabek Sugeng Priyono yang ikut menyaksikan proses evakuasi dengan menggunakan alat berat. "Masih diteliti, tetapi ada indikasi rel patah," katanya. 

"Bisa karena usia rel atau mungkin karena korosi akibat rob yang sering menggenang di sisi kanan-kiri rel" ujarnya.

Siang ini puluhan petugas masih terus melakukan proses evakuasi. Ada sebagian yang membetulkan rel yang bengkok dan sebagian lagi ada yang mengoperasikan alat berat. Rencana proses evakuasi akan berlangsung lima jam.

Menurut Sugeng, kejadian tersebut tidak sampai mengganggu jadwal kereta. "Yang terguling rangkaian 13, 14, dan 15 sehingga rangkaian 16 sampai 20 ikut berhenti, sedangkan rangkaian 1 hingga 12 sudang langsung kami berangkatkan kembali" katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com