Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mohammad Noer, Penggagas Suramadu Wafat

Kompas.com - 16/04/2010, 13:18 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Penggagas pembangunan Jembatan Suramadu, Mohammad Noer, yang menjabat sebagai Gubernur Jatim periode 1967-1976 wafat, Jumat (16/4/2010) di Ruang ICU, Rumah Sakit Darmo, Surabaya.

Sejak menjabat sebagai Gubernur Jatim, tokoh kelahiran Sampang, 13 Januari 1918, ini memiliki impian untuk menghubungkan Pulau Jawa dan Madura dengan jembatan.

Gagasan Mohammad Noer untuk membangun jembatan penghubung Pulau Jawa dan Madura sempat diabadikan dalam bentuk lukisan. Lukisan itu pun terpampang di ruang tamu kediaman almarhum.

Bupati Bangkalan Fuad Amin saat melayat mengatakan, almarhum Mohammad Noer adalah peletak landasan pembangunan Jembatan Suramadu. "Tanpa landasan dari Pak Noer, pembangunan Suramadu tak akan terwujud," ucapnya di rumah duka, Jalan Anwari 11, Surabaya.

Almarhum Mohammad Noer wafat karena usia lanjut. Almarhum sempat dirawat selama tujuh bulan di Ruang ICU, Rumah Sakit Darmo, Surabaya. Mantan Gubernur Jatim sekaligus sesepuh Madura ini meninggalkan seorang istri, delapan anak, dan 21 cucu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com