Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Revitalisasi 79 Museum

Kompas.com - 30/03/2010, 17:09 WIB

MATARAM, KOMPAS.com — Pemerintah dalam lima tahun ke depan akan merevitalisasi 79 museum yang tersebar di 33 provinsi di Tanah Air. Tahun Kunjung Museum 2010 yang sudah dicanangkan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, 30 Desember 2009, adalah momentum awal Gerakan Nasional Cinta Museum.

Direktur Permuseuman Direktorat Sejarah dan Kepurbakalaan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Intan Mardiana mengatakan hal itu pada Selasa (30/3/2010) di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Revitalisasi museum merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Gerakan Nasional Cinta Museum, yang bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap museum, meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan museum dan pelayanan pengunjung, dan menjadikan museum sebagai pranata sosial yang mampu membangkitkan kebanggaan dan memperkukuh jati diri bangsa," katanya.

Per tahun, sejumlah museum akan melalui proses revitalisasi. Tahun 2010, revitalisasi akan dilaksanakan di 4 museum, tahun 2011 sebanyak 30 museum, tahun 2012 sebanyak 10 museum, tahun 2013 sebanyak 15 museum, dan tahun 2014 sebanyak 20 museum. Revitalisasi dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan komunitas. Pihak yang terlibat dalam revitalisasi adalah pengunjung, masyarakat, badan pelestari, pengembang, badan pembuat dan pelaksana kebijakan dan regulasi, serta lembaga donor.

Intan Mardiana menjelaskan, revitalisasi museum adalah kesadaran untuk menempatkan kembali arti penting museum secara proporsional dan kontekstual. Dengan demikian, museum diharapkan dapat mengubah citra dan wajah museum Indonesia menjadi lebih menarik dan prima sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

"Diperlukan gerakan bersama untuk penguatan pemahaman, apresiasi, dan kepedulian terhadap identitas dan perkembangan budaya bangsa yang harus terbangun pada tataran semua komponen masyarakat Indonesia," ucap Intan.

Ada 6 aspek yang harus direvitalisasi di museum, yaitu fisik, pengelolaan (SDM dan koleksi), program kreatif, jejaring dengan komunitas, kebijakan, pemasaran, dan komunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com