Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Benar Ratusan Warga Eks Timtim Minta Suaka ke Portugal

Kompas.com - 22/03/2010, 17:00 WIB

KUPANG, KOMPAS.com — Tidak benar ada ratusan warga eks Timor Timur yang berdiam di Tuapuka, Kabupaten Kupang, meminta suaka politik ke Portugal. Aparat keamanan setempat sudah menyelidiki peristiwa itu langsung di Tuapuka, tetapi hanya ada satu orang. Itu pun hanya sensasi belaka.

Komandan Korem 161/Wirasakti Kupang Kolonel (Inf) Dody Usodo Hargo di Kupang, Senin (22/3/2010), mengatakan, berita mengenai ratusan warga eks Timor Timur (Timtim) di Tuapuka, Kabupaten Kupang, meminta suaka politik ke Portugal tidak benar.

"Saya bersama Kapolda sudah turun tangan terkait informasi itu, tetapi tidak ada. Masyarakat tetap melaksanakan tugas sehari-hari dengan tertib. Hanya satu yang diinformasikan meminta suaka politik, tetapi itu pun hanya sensasi saja,"katanya.

Meski demikian, pemerintah setempat serius menanggapi informasi itu dan berusaha menyelidiki di lapangan. Mengapa sampai ada informasi seperti itu. Hargo menyatakan, sebagian warga eks Timtim ini berdiam di kompleks area Markas Yonif 742/Satya Wirayudha sehingga sering mengganggu suasana di kompleks itu.

"Ketika mereka melakukan tindak kriminal dan dikejar aparat kepolisian, mereka lari sembunyi sampai ke markas itu. Kemudian dikejar aparat kepolisian. Ini yang terkadang menciptakan suasana kurang harmonis," katanya. Karena itu, warga eks Timtim ini sebaiknya direlokasi ke tempat lain agar tidak mengganggu suasana di markas itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com