Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menonton Piala Dunia, Lalu Naik Gajah

Kompas.com - 17/03/2010, 03:43 WIB

Hajatan mahaakbar Piala Dunia 2010 Afrika Selatan terus dihitung mundur. Wahai penonton Indonesia, sudah bersiap untuk menonton langsung?

Tiket sudah dibuka secara online. Data terakhir pada 10 Maret 2010, dari 3,03 juta lembar tiket, 2,1 juta lembar sudah terjual. Mereka akan menonton di sepuluh stadion di Afsel yang berkapasitas total 575.700 kursi. Para penggila bola bersiap dengan satu, dua, atau beberapa tiket dari total 52 pertandingan.

Mengutip data Kedutaan Besar Afsel di Indonesia, jumlah pembeli tiket terbanyak di luar Afrika adalah dari AS, yakni 107.576 tiket. Inggris menempati urutan kedua dengan 63.835 tiket, diikuti Jerman 29.773 tiket dan Australia 26.488 tiket.

Bagi warga Indonesia, penggemar sepak bola, suka makan dan berwisata, serta memiliki uang puluhan juta rupiah, Ticket Station menawarkan beberapa paket menonton Piala Dunia. Ticket Station adalah perusahaan penyedia layanan tiket yang ditunjuk FIFA melalui Match Hospitality AG untuk melayani penjualan tiket di wilayah Asia, kecuali Jepang, China, Korsel, dan Korut.

”Kami menawarkan paket untuk penonton bola, terutama menengah atas. Penjualan di Indonesia resmi dibuka 17 Maret,” kata Marketing Director Ticket Station Sudjadi Sudjianto, Selasa (16/3) di Jakarta.

Paket apa saja itu? Ada paket 5 hari 3 malam seharga 5.695 dollar AS. Pembeli bisa nonton satu kali laga, yakni Spanyol vs Honduras di match pavilion. Match pavilion menyediakan suasana kasual buat pemegang tiket kelas satu.

Ada lagi paket 8.955 dollar AS, (6 hari 4 malam). Pembeli bisa menonton dua kali laga, Belanda vs Denmark dan Brasil vs Korut di business seat. Ruangan ini lebih mewah daripada pavilion. Disediakan pula makanan dan minuman ala Barat, oriental, serta lokal.

Paket lain adalah paket 16 besar (6 hari 4 malam), harganya 10.535 dollar AS. Pembeli paket ini bisa menonton dua kali pertandingan di business seat yang nyaman serta penuh makanan dan minuman. Tidak semua stadion menyediakan minuman beralkohol, seperti bir dan anggur, tetapi bisa diminta.

Masih ada paket 17.000 dollar AS dan 22.000 dollar AS. Harga sudah termasuk tiket pesawat, menginap di hotel berbintang empat, dan city tour.

Penonton yang tak mau beli paket bisa membeli tiket saja dan memilih pertandingan. FIFA menentukan enam laga yang menjadi big match, yakni Afsel vs Meksiko, Inggris vs USA, Jerman vs Australia, Brasil VS Pantai Gading, Kamerun vs Belanda, dan Portugal vs Brasil.

”Kami menyervis penuh. Kami ajak melihat tradisi penduduk, keunikan satwa, naik balon raksasa, atau naik gajah,” papar Sudjadi. Nonton bola sambil minum anggur di udara bersuhu 4-20 celsius... wuihh. Sebaiknya nonton bola dulu sebelum naik gajah... (IVV/SAM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com