Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatim Siapkan Rp 59 M Untuk Antisipasi Bencana

Kompas.com - 10/03/2010, 18:59 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Dalam rangka mengantisipasi bencana yang terjadi, Pemprov Jatim kini menyiapkan dana cadangan atau tak terduga sebesar Rp 59 miliar pada tahun anggaran 2010. "Dana itu dialokasikan untuk perbaikan sarana, prasarana serta infrastruktur di daerah-daerah yang mengalami bencana," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jatim Harjogi saat ditemui kantornya, Rabu (10/3/2010).

Selain itu, lanjut dia, dana juga akan dialokasikan untuk membantu kebupaten/kota yang tidak mampu untuk memperbaiki kerusakan infrastruktur. "Kalau pemprov tidak mampu memperbaiki kerusakan dan kerugian akibat bencana, pemprov juga akan meminta bantuan ke pemerintah pusat," katanya.

Tahun ini, pihaknya akan membentuk dan menyosialisasikan program desa tanggap bencana ke kabupaten/kota di Jatim. Ini terkait untuk peningkatan kewaspadaan masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi kesiapsiagaan bencana.

Harjogi menambahkan, program desa tanggap bencana bertujuan agar masyarakat dapat membangun desa yang tangguh yang tidak hanya siap dalam menghadapi bencana, namun juga mampu menangkal secara mandiri, cepat dan tepat dalam menghadapi bencana. "Program desa tangguh ini untuk mengubah kondisi desa yang lebih kuat, tangguh dan cepat dalam menghadapi resiko bencana yang ada di Jatim," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com