Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ida Bagus Oka Tutup Usia

Kompas.com - 08/03/2010, 10:00 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Mantan Gubernur Bali, Prof Dr dr Ida Bagus Oka, meninggal dunia pada Minggu (7/3/2010) sekitar pukul 23.55 Wita dalam usia 75 tahun di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, Denpasar.

Ida Bagus Budi Utama, anak almarhum Ida Bagus Oka, di rumah duka Jalan Turi No 38 Denpasar, Senin, mengatakan, ayahnya sudah sejak lama menderita penyakit komplikasi jantung dan stroke.

"Aji (bapak) tadi malam tiba-tiba kambuh sakitnya, dan kami melarikan ke Unit Rawat Darurat RSUP Sanglah, namun beberapa menit kemudian Aji mengembuskan napas terakhir," ucapnya.

Budi Utama mengatakan, pihak keluarga sudah mengikhlaskan kepergian Ida Bagus Oka yang juga mantan Menteri Negara Kependudukan dan Kepala BKKBN pada era pemerintahan Orde Baru itu.

Menurut Budi Utama, pihak keluarga besar Geriya Bindu sudah meminta petunjuk rohaniwan Hindu terkait Palebon (kremasi jenazah) almarhum.

"Setelah kami meminta petunjuk Ida Pedanda (rohaniwan Hindu) untuk penetapan hari baik pelaksanaan Palebon, diperoleh petunjuk pelaksanaannya dilakukan 9 April 2010," katanya.

Almarhum meninggalkan istri Ida Ayu Asiawati Oka dan tujuh anak serta 16 orang cucu.

Semasa hidupnya, Ida Bagus Oka sempat menjadi Rektor Universitas Udayana dan menjabat Gubernur Bali periode 1988-1993.

IB Oka yang diduga terlibat kasus korupsi sebesar Rp 2,3 miliar atas dana milik Yayasan Bali Dwipa (YBD)-KONI Bali, pada 2001 sempat menjalani penahanan dalam beberapa lama di Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan Denpasar.

Majelis hakim pada Pengadilan Negeri Denpasar yang mengadili kasus tersebut menjatuhkan vonis setahun penjara untuk IB Oka, tetapi di tingkat banding yang bersangkutan dinyatakan bebas murni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com