Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imlek di Bandar Lampung Dirayakan Sederhana

Kompas.com - 14/02/2010, 12:49 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Perayaan Imlek 2561 di sejumlah wihara atau kelenteng di Bandar Lampung, Minggu, berlangsung sederhana. Sekitar 200 warga Tionghoa tampak memadati Wihara Thai Hin Bio di Bandar Lampung untuk merayakan Imlek.

"Kami menyambut pengunjung sejak Sabtu (13/2/2010) pukul 23.00 WIB hingga Minggu pagi," kata pengurus Yayasan Wihara Thai Hin Bio, Johan. Ia mengatakan bahwa Imlek dirayakan pada Sabtu malam memasuki Minggu tanggal 14 Februari 2010 dengan melakukan prosesi sembahyang dan ritual permintaan khusus.

"Masyarakat yang merayakannya akan datang pada malam atau pagi harinya untuk menyambut Imlek," kata dia. Dalam perayaan kali ini, pihak pengurus Wihara Thai Hin Bio akan mempersiapkan jamuan makan dan minuman untuk seluruh pengunjung.

"Selain itu, di depan pintu dan di setiap sudut biara sudah dihiasi dengan lampu lampion dan ornamen khusus yang identik dengan warna merah khas Tionghoa," kata dia.

Sekitar 100 lilin berdiameter 0,5 meter setinggi 2 meter di wihara itu telah dinyalakan. Lilin-lilin yang bertuliskan doa dan harapan itu akan dibiarkan menyala sampai perayaan Cap Go Meh atau dua pekan selepas malam Imlek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com