Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Semalam Banjir Itu Sudah Tiba

Kompas.com - 14/02/2010, 09:26 WIB

CILACAP, KOMPAS.com — Bencana banjir kembali merendam tujuh desa di dua kecamatan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu, akibat hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak Sabtu (13/2/2010) sore.
     
"Banjir tersebut merendam Desa Tegalsari, Desa Gunungreja, Desa Sidareja, Desa Sidamulya, Desa Tinggarjaya, dan Desa Sudagaran di Kecamatan Sidareja serta Desa Ciklapa di Kecamatan Kedungreja," kata Dangir Mulyadi selaku Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cilacap di Cilacap, Minggu.
     
Dangir Mulyadi mengatakan, banjir yang melanda tujuh desa tersebut selalu terjadi ketika musim hujan karena berada di daerah cekungan. Menurut dia, wilayah yang terparah terendam banjir berada di sekitar aliran sungai, seperti Sungai Cibereum dan anak-anak sungainya.
     
"Kami akan tetap memantaunya meskipun bukan bencana karena banjir ini rutin terjadi. Jika ada pengungsi, maka kami segera kirim bantuan," kata Dangir Mulyadi.
     
Sementara itu, Camat Sidareja Arifin mengatakan, banjir tersebut mulai merendam rumah warga sejak Sabtu malam. Menurut dia, jumlah rumah yang terendam banjir ditempati 2.544 kepala keluarga. Adapun ketinggian air antara 10 centimeter dan satu meter.
     
"Sebanyak tujuh kepala keluarga dari Desa Sidareja telah mengungsi ke Mushala Koramil Sidareja saat air mulai naik pada Sabtu malam," katanya.
     
Menurutnya, banjir juga merendam areal persawahan seluas 78 hektar dengan usia tanaman padi sekitar dua bulan. Banjir yang melanda Kecamatan Sidareja rutin terjadi meskipun wilayah ini tidak diguyur hujan.
     
"Walaupun hujan turunnya di wilayah utara atau barat, banjir tetap saja merendam Sidareja," kata Arifin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com