Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atraksi Barongsai Semarakkan Malam Imlek di Klenteng

Kompas.com - 13/02/2010, 19:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sejumlah klenteng menggelar atraksi barongsai pada malam Tahun Baru Imlek, Sabtu (13/2/2010) malam ini. Klenteng tersebut, misalnya, Hok Tek Tjeng Sin dan Nimala Sasana.

Diperkirakan, atraksi Barongsai ini akan menyedot perhatian warga pribumi-Tionghoa yang datang ke klenteng untuk bersembahyang menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 14 Februari esok.

Pantauan Kompas.com di Hok Tek Tjeng Sin, Sabtu sore, belasan personel atraksi Barongsai dari Kelompok Kesenian Liong dan Barongsai Shia Djin Kong, Jatinegara, tengah berlatih. Atraksi Barongsai ini akan digelar pada pukul 22.00. "Tahun ini akan ada empat Barongsai," ujar Erik, seorang pemain barongsai.

Sementara itu, atraksi barongsai di Klenteng Nimala Sasana akan digelar sejak pukul 22.00. Berbeda dengan Hok Tek Tjeng Sin, para personel Barongsai yang tampil malam ini berasal dari umat yang setiap Minggu beribadah di klenteng tersebut. "Kami memiliki sanggar sendiri," ujar Rika Lenawaty, seorang pengurus harian.

Selain menampilkan atraksi Barongsai, klenteng Nimala juga akan membagi-bagikan wisit atau angpao ala kadarnya, khusus kepada para warga pribumi-Tionghoa yang datang. Sebagian warga pribumi-Tionghoa percaya, wisit, yang biasa disimpan di laci toko atau pun dompet, akan mendatangkan rejeki.

Para warga pribumi-Tionghoa sendiri, sejak sore tadi sudah mulai berdatangan ke klenteng untuk bersembahyang. Puncaknya, para warga pribumi-Tionghoa akan memadati klenteng pada tengah malam ini. Mereka akan mengucap syukur atas rejeki yang telah diterima selama setahun lalu, dan memohon rejeki, kesehatan, peruntungan untuk setahun mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com