Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tikus Serang 666 Hektar Sawah di Karawang

Kompas.com - 10/02/2010, 16:16 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com - Hama tikus menyerang sedikitnya 666 hektar sawah di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dalam sebulan terakhir. Serangan tersebar merata di seluruh kecamatan dengan intensitas serangan ringan hingga berat.

Kepala Bidang Bina Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Kadarisman, Rabu (10/2/2010) mengatakan, serangan tikus marak di sawah-sawah yang sebelumnya tergenang banjir di pesisir utara. Selain itu sawah-sawah di sekitar saluran pembuang serta di dekat tanggul sungai.

Selain tikus, organisme pengganggu tanaman (OPT) lain yang menyerang persawahan Karawang antara lain penggerek batang (203 hektar), wereng (141 ha), hama putih palsu (214 ha), hawar daun (79 ha), serta keong (72 ha).

"Dari beberapa jenis OPT tersebut, wereng relatif merusak. Karenanya kami memprioritaskan penanggulangan wereng dengan gerakan bersama," ujarnya.

Sebelumnya, 6.436 hektar sawah di 12 kecamatan di Kabupaten Karawang, khususnya di pesisir utara, puso karena tergenang banjir pada 15-22 Januari 2010. Mayoritas di antaranya memiliki persemaian dan sekitar 700 ha di antaranya sudah ditanami dengan usia padi kurang dari 30 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com