Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini Tol Surabaya-Mojokerto Bisa Beroperasi

Kompas.com - 09/02/2010, 14:30 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Tahun ini jalur bebas hambatan atau Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo), khususnya pada Seksi I A Waru-Sepanjang dengan panjang jalan sekitar 4,5 km, sudah bisa dioperasikan.

Direktur PT Bina Marga Samsudin saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (9/2/2010) menjelaskan, dengan dioperasikannya jalur Waru-Sepanjang ini, hampir 15 persen proyek Tol Sumo telah diselesaikan.

Ia menuturkan, pembangunan Sumo sepanjang 37 km yang melewati empat kabupaten/kota, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Gresik, dan Mojokerto, dimulai sejak 2006 dengan investasi Rp 2,953 triliun.

Pembangunan yang dilakukan PT Marga Nujya Sumo Agung bekerja sama dengan Moeljadi Group dan PT Wika ini terbagi menjadi empat seksi dan akan selesai secara keseluruhan pada tahun 2012.

PT Marga Nujya Sumo Agung sebagai pemegang kendali investasi sebesar 55 persen, Moeljayadi Group sebesar 25 persen, dan PT Wika sebesar 20 persen dari total investasi.

Adapun pembangunannya dibagi menjadi empat seksi, yaitu seksi I adalah Tol Waru-Sepanjang (4,5 km), seksi II Sepanjang-Krian (6,1 km), seksi III Driyorejo-Krian (7,17 km), dan seksi IV yang merupakan jalur terpanjang, yaitu 18,5 km, untuk Krian-Mojokerto.

Menurut Samsudin, hal yang terkait pembebasan tanah sejauh ini tidak ada kendala. Mulai dari Menanggal (Waru), Sepanjang, Krian dan Driyorejo Gresik, sampai Mojokerto sudah tidak ada masalah. "Insya Allah pada awal 2011 nanti sudah finishing sehingga awal tahun 2012 sudah bisa dioperasikan secara keseluruhan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com