Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondom Perempuan Siap Dibagikan ke PSK

Kompas.com - 05/02/2010, 17:41 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com- Komisi Penanggulangan Aids Daerah Kota Kediri, Jawa Timur, berencana membagikan kondom untuk perempuan di wilayahnya secara gratis. Tujuannya, untuk menekan penularan penyakit menular seksual dan menjaga kesehatan reproduksi perempuan.

Koordinator KPAD Kota Kediri Yulianto, Jumat (5/2/2010), mengatakan, sasaran pembagian kondom perempuan ini adalah masyarakat yang memiliki perilaku berisiko tinggi terhadap penyakit menular seksual. Mereka adalah para pekerja seks komersial baik yang berada di lokalisasi maupun yang berkeliaran di jalan.

"Kondom khusus perempuan ini merupakan bantuan dari Komisi Penanggulangan Aids Pusat. Kami akan membagikannya secara gratis kepada masyarakat," ujarnya kepada sejumlah wartawan di Kediri.

Kondom perempuan atau Female Condom ini diproduksi oleh The Female Health Company dari London, Inggris. Sedikitnya ada 3.000 pieces kondom perempuan yang siap dibagikan. Kondom ini memiliki kode produksi pada bulan Agustus 2008 dan akan memasuki masa kedaluwarsa pada Agustus 2013.

Sesuai dengan namanya, kondom ini diperuntukkan bagi kaum wanita. Pemakaiannya pun berbeda dengan kondom yang biasa dijual di toko-toko yang khusus untuk dipakai kaum pria.

Yulianto mengatakan, pendistribusian kondom perempuan ini merupakan bagian dari sosialisasi upaya penanggulangan penyakit HIV/AIDS di Kota Kediri. Dengan adanya kondom perempuan diharapkan bisa meningkatkan pemakaian kondom di masyarakat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com