Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Muslim Juga Ikuti Pawai HUT Pekabaran Injil

Kompas.com - 04/02/2010, 14:36 WIB

MANOKWARI, KOMPAS.com- Suasana toleransi kental terasa saat rombongan Majelis Muslim Papua melintas di sela-sela pawai budaya, Kamis (4/2) sore ini WIT, untuk memeringati HUT ke-155 Hari Pekabaran Injil di Tanah Papua. Peringatan dipusatkan di Manokwari, Papua Barat.

Tak hanya melintas, sekitar 20 orang wanita berjilbab menari-nari dengan sapu tangan putih di tangan. Mereka disambut meriah pula oleh puluhan ribu warga Manokwari yang berjajar di sepanjang jalan dari Sanggeng hingga Kwawi.

Selain Majelis Muslim Papua, masih ada puluhan tim peserta lain yang turut menyemarakkan pawai ini. Sepanjang lima kilometer jalan yang dilalui, peserta menari-nari, ada juga yang menabuh tambur diiringi seruling tanpa lelah.

Sementara, masyarakat Pegunungan Tengah turut berpartisipasi dengan menampilkan tari-tarian perang, lengkap dengan pakaian adat. Lelaki memakai koteka (holim) dan wanita hanya bertelanjang dada. Dengan tubuh yang hitam oleh jelaga dan tangan menggenggam busur panah dan sege (tombak), pemuda-pemuda Wamena itu berlarian secara liar. Alhasil, anak-anak pun berlarian ketakutan, panik.

Namun, itu bukanlah bermaksud menyerang secara sungguh. Mereka hanya menceritakan kehidupan tradisi lama yang gemar berperang antarsuku. Hingga kini, pawai masih berlangsung. Tim-tim dari Raja Ampat masih menunjukkan kekompakan dan kerancakan bermain seruling tambur.

Sementara, tuan rumah Manokwari memperagakan tari-tarian khas suku Arfak. Kerukunan Batak serta kerukunan warga lain pun tak mau ketinggalan. Kegiatan tahunan ini, kini terasa semarak. Dipastikan, Gubernur Papua Barnabas Suebu, Pangdam Cenderawasih Mayjen Hotma Marbun, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Palty Simanjuntak, hadir dalam hari raya warga di Papua ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com