Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5.0 SR Guncang Aceh Tengah

Kompas.com - 29/01/2010, 00:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah gempa berkekuatan 5.0 SR terjadi di Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (28/1) sekitar pukul 23.12. Titik gempa berpusat di 23 km arabah barat laut Kota Takengon.

Situs Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika menyebutkan, lokasi gempa berada pada 4.82 LU - 96.78 BT dengan kedalaman 10 km.

Meski tidak berpotensi menimbulkan tsunai, sejumlah warga tampak ketakutan. Mereka sempat berlarian keluar rumah, khawatir bakal terjadi gempa seperti 26 Desember 2004 lalu.

Seorang warga Takengon, Syafrianda mengatakan guncangan gempa mengagetkan warga yang sudah tertidur.   "Kami langsung ke luar rumah saat gempa bumi terjadi karena panik," kata Syafrianda.

Guncangan gempa bumi juga dirasakan warga di Kabupaten Bener Meriah. Ruhdi salah seorang warga juga mengatakan sempat panik saat gempa terjadi. "Kami sekeluaga sudah tidur saat itu tapi terbangun karena tiba-tiba merasakan ayunan gempa," kata Ruhdi.

Gempa bumi tersebut merupakan yang kedua kali dirasakan masyarakat di Provinsi Aceh sejak 2010. Sebelumnya gempa bumi dengan magnitude 5,3 SR juga mengguncang Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com