Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Pulau di Sangihe Terancam Hilang

Kompas.com - 27/01/2010, 17:31 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Empat pulau yang berada di Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara, terancam hilang seiring dengan abrasi laut yang mencapai dua hingga empat meter setiap tahun.

"Empat pulau tersebut, Pulau Marore, Matatuang, Lipang dan Kawaluso. Semua pulau itu berpenghuni," kata anggota DPRD Sulut, Ben Alotia, di Manado, Rabu (27/1/2010).

Alotia mengharapkan pemda segera mengantisipasi dampak luar biasa dari ancaman itu dengan membuat tanggul penahan ombak, agar dapat menghindari abrasi yang telah menggerus beberapa meter areal pesisir.

"Apalagi pulau-pulau terluar merupakan garda terdepan bagi bangsa Indonesia, yang harus diberi perhatian khusus pada sektor pembangunan," katanya.

Sementara itu Ketua DPRD Sulut Meiva Lintang, menilai ancaman kehilangan pulau itu memang sudah diprediksi sebelumnya seiring dengan pemanasan global.

"Pemerintah daerah tetap prioritaskan kondisi pulau-pulau terluar dengan mengedepankan sektor pembangunan," katanya.

Pemerintah Sangihe bahkan terus mengembangkan upaya penghijauan di wilayah-wilayah pesisir, agar ancaman abrasi bisa dihindari secara optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com