Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Pasien Flu Burung Kondisinya Kritis

Kompas.com - 10/01/2010, 15:08 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Remaja berinisial JF (17), yang terduga (suspect) virus H5N1 penyebab flu burung, kini dalam kondisi kritis di RSUD Arifin Achmad di Pekanbaru, Riau.

"Pasien dalam kondisi kritis karena sampai sekarang masih koma," kata Ketua Pengendalian Flu Burung RSUD Arifin Achmad, Azisman Saad, di Pekanbaru, Minggu (10/1/2010).

JF yang merupakan warga Pekanbaru hingga kini masih dalam perawatan intensif di ruang isolasi khusus penderita flu burung.

Menurut Azisman, pasien mengalami demam tinggi dengan suhu badan mencapai 37,5 derajat Celcius.

Ia juga mengalami kesulitan bernafas karena tarikan nafas mencapai 60 per menit. Sedangkan, tarikan nafas manusia kondisi normal 16-20 per menit.

"Pasien masih membutuhkan mesin bantu pernafasan untuk bertahan hidup," katanya.

Ia menambahkan, tim dokter dan Dinas Kesehatan Provinsi Riau telah mengambil sampel darah dan lendir (SWAP) dari JF yang akan dikirim ke Balitbang Depkes di Jakarta untuk memastikan penyakit pasien.

Evy, keluarga pasien mengatakan, JF sudah koma selama tiga hari sejak Jumat lalu. "JF sudah mengalami demam, sesak nafas dan diare sebelum akhirnya jatuh pingsan," katanya.

Pihak keluarga sempat membawa JF ke RS Santa Maria Pekanbaru, dan akhirnya dirujuk ke RSUD Arifin Achmad karena pihak dokter menduga pasien terjangkit flu burung.

"Sampai sekarang kami belum tahu dari mana dia bisa terkena penyakit karena di rumahnya di Pekanbaru tidak ada unggas mati, dan dia (JF) selama ini bersekolah di Sumatera Barat," kata Evy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com