Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Putri Raja" Naik Gajah di Banyumas

Kompas.com - 19/12/2009, 13:14 WIB

PURBALINGGA, KOMPAS.com — Tujuh gajah dari Way Kambas, Lampung, turut mengawal pelaksanaan Kirab Manggala Praja untuk memperingati Hari Jadi Ke-179 Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (19/12/2009).
     
Gajah-gajah yang didandani sedemikian rupa dan membentuk barisan tersebut masing-masing ditunggangi seorang prajurit. Bahkan, seekor gajah yang berada paling depan ditunggangi juga oleh seorang anak kecil yang menggambarkan putri raja.
     
Di bagian belakang pasukan gajah terdapat iring-iringan pembawa foto 21 mantan bupati yang pernah memimpin Purbalingga diikuti pasukan pembawa bendera.
    
Dalam Kirab Manggala Praja tersebut juga terdapat iring-iringan enam kereta kencana yang didatangkan dari Keraton Yogyakarta. Rencananya, salah satu kereta berukuran besar akan digunakan untuk mengangkut Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko beserta keluarganya. Akan tetapi, Bupati justru memilih berjalan kaki bersama para pejabat dan pegawai di lingkungan Kabupaten Purbalingga.
     
Kirab tersebut juga diikuti sejumlah barisan, antara lain pasukan Bregada Sorogeni dari Keraton Surakarta, Bregada Bregas Tambak Baya dari Keraton Yogyakarta, para penari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, satuan kerja perangkat daerah (SKPD), dan karyawati pabrik yang ada di Purbalingga.
     
Selain itu juga terdapat barisan dari tiap-tiap kecamatan yang dipimpin langsung oleh masing-masing camat dengan menunggang kuda. Kirab Manggala Praja ini juga dimeriahkan penampilan grup kentongan Purbamas yang berada paling belakang. Iring-iringan ini menyusuri rute sejauh empat kilometer.
     
Terkait Kirab Manggala Praja yang menampilkan sejumlah ragam budaya ini, Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi embrio untuk penyelenggaraan gelar kebudayaan Banyumasan.
     
Menurut dia, budaya Banyumasan memiliki kekhasan yang unik dan spesifik sehingga berpotensi untuk dijual sebagai aset wisata. "Saya sangat yakin, gelar budaya Banyumasan akan sangat luar biasa jika terwujud," katanya.
     
Dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-179 ini, Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga menyelenggarakan Gelar Budaya-Pariwisata dan Purbalingga Expo 2009, 19-31 Desember 2009.
     
Kegiatan ini akan diisi dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya dari sejumlah kabupaten di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com