Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Pantai Selatan Membludak

Kompas.com - 18/12/2009, 17:07 WIB

BANTUL, KOMPAS.com - Perayaan malam 1 Suro yang bertepatan dengan malam Jumat Kliwon, banyak menyedot pengunjung di sepanjang Pantai Selatan. Dibandingkan tahun lalu, jumlahnya melonjak sekitar 9 persen. Sebagian besar motivasinya adalah mencari berkah.

Berdasarkan catatan tempat pemungutan retribusi (TPR), jumlah total pengunjung di Pantai Parangkusumo, Parangtritis, dan Pantai Depok tercatat 12.776 orang. Tahun jumlah pengunjung di tiga pantai tersebut sebayak 11.245 orang. Sementara jumlah pengunjung pada hari biasa berkisar 1.000 orang/hari.

"Salah satu pemicunya karena bertepatan dengan malam Jumat Kliwon. Bagi masyarakat Jawa Jumat Kliwon sangat sakral. Banyak yang berdatangan ke sini untuk mencari berkah dan keselamatan," kata Imam, petugas TPR di Pantai Parangtritis, Jumat (18/12/2009).

Dengan tarif masuk Rp 3.000 per orang, maka pendapatan pada malam 1 Suro kemarin mencapai Rp 38,3 juta. Hal tersebut berdampak positif bagi realisasi kontribusi pendapatan asli daerah. Tahun ini targetnya sekitar Rp 3,2 miliar dan hampir 90 persen disumbang oleh ketiga pantai tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Suyoto, realisasi PAD sektor pariwisata hingga akhir November tercatat Rp 3,7 miliar atau 116 persen dari total target. Diperkirakan sampai dengan akhir tahun realisasinya bisa mencapai Rp 4 miliar.

"Selain perayaan 1 Suro, masih ada dua momen lagi yakni liburan Natal dan Tahun Baru yang kemungkinan menarik banyak pengunjung," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com