Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Warga Solo Rebutan Air Jamasan

Kompas.com - 17/12/2009, 21:38 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Ratusan warga berebut air jamasan (air untuk membersihkan pusaka keraton) dalam upacara adat menyambut malam 1 Sura, di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (17/12) malam.

Dalam upacara adat itu, ada dua kali kesempatan memperebutkan air jamasan pusaka. Di lokasi upacara ratusan warga berebut air jamasan sebelum kirab pusaka diberangkatkan dari Pura Mangkunegaran.

Setelah kirab pusaka dilakukan dengan mengelilingi Pura Mangkunegaran, tiga pusaka kerajaan kembali dibersihkan di depan pendopo Pura Mangkunegaran.

Ratusan warga yang sudah menunggu di sekitar lokasi itu, langsung menyerbu air jamasan yang telah selesai digunakan untuk membersihkan pusaka.

Beberapa orang di antara ratusan warga yang berebut air itu telah menyiapkan botol dan plastik untuk menampung air yang mereka peroleh.

Meskipun sempat terjadi kericuhan kecil, suasana kembali kondusif setelah sejumlah petugas kepolisian mengamankan lokasi prosesi upacara adat ini.

Salah seorang warga Kabupaten Sragen yang ikut berebut, Suyamti (40) mengatakan dirinya ikut berebut air jamasan karena mempercayai mendapat berkah melalui air jamasan yang dia peroleh.

"Dengan mendapatkan air itu, perjuangan saya untuk datang ke Pura Mangkunegaran tak sia-sia," kata Suyamti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com