Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Personel Amankan Malam Tahun Baru Jawa di Yogyakarta

Kompas.com - 16/12/2009, 20:46 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.000 personel jajaran kepolisian di DIY dipersiapkan untuk mengamankan pergantian malam tahun baru Jawa, 1 Suro 1943 Dal ataupun Tahun Baru Hijriah 1431, yang jatuh pada Kamis (17/ 12/2009) malam.

Kepala Bidang Humas Polda DIY Ajun Komisaris Besar Anny Pudjiastuti, Rabu (16/12), mengatakan polisi akan mengamankan tempat ibadah dan sejumlah obyek wisata ritual dalam operasi dengan sandi Kenanga Progo 2009 . Ke-1000 personel yang dikerahkan, terdiri atas 240 persenonel dari Polda, Kepolisian Kota Besar Yogyakarta (110), Kepolisian Resor Sleman (100), Bantul (390), serta Gunung Kidul dan Kulon Progo masing-masing 80.

Adapun tempat yang akan menjadi sasaran operasi adalah Keraton Yogyakarta, Masjid Agung, Makam Imogiri, Candi Ratu Boko, Prambanan, puncak Bukit Suroloyo, pertokoan, pantai selatan, dan jalan-jalan yang digunakan sebagai jalur ritual lainnya.

Di Keraton Yogyakarta, tiap malam 1 Suro ada ritual berjalan mengitari benteng. Begitu pula di pantai selatan, seperti Parang Kusumo di daerah Bantul selalu didatangi ribuan masyarakat yang ingin ngalap berkah. "Kami juga akan mengamankan obyek wisata. Bagaimanapun juga, ini, kan libur panjang. Sampai Minggu masyarakat masih akan mengunjungi obyek-obyek wisata," ujar Anny.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com