Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penambang Emas Tak Hanya Cari Emas

Kompas.com - 08/12/2009, 09:20 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah potensial dijadikan lokasi pertambangan emas dan sudah banyak pertambangan logam mulia digarap masyarakat. Syamsul, seorang petambang di Palangkaraya, Selasa mengemukakan, penambangan emas sudah sejak lama marak di Kalteng, terutama di kawasan Kereng Pangi.
    
Selain itu penambang emas rakyat juga banyak terdapat di hulu Sungai Barito, hulu Sungai Kahayan, Sungai Rungan, dan sungai-sungai lainnya yang membuktikan Kalteng potensi tambang emas di provinsi ini sangat besar. Sebuah perusahaan besar yang bergerak dalam penambangan emas adalah PT Indomoro yang berada di wilayah Kabupaten Murung raya.
    
Penambangan emas oleh rakyat, kata Saymsul, dewasa ini tidak lagi hanya manual pakai alat tradisional tapi sudah menggunakan alat mekanis dan hasil yang diinginkan bukan hanya emas tetapi juga pasir puya (zirkon) yang harganya cukup menguntungkan.
    
Penambangan emas sekaligus tambang puya ini menyebar di mana-mana menggunakan masin penyedot hingga menimbulkan persoalan lingkungan.
    
Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Pertambangan Kalteng, terdapat sekitar 7.000 unit mesin untuk penambang emas dan puya di seluruh Kalteng. Penambangan emas dan puya ini berada di Kabupaten Kapuas, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Barito Utara, dan kabupaten lainnya.
    
Sementara data di Dinas Pertambangan dan Energi Kalteng menunjukan bahwa endapan tambang emas di wilayah ini terdapat di  Kabupaten Kapuas seperti di Kecamatan Kapuas Hulu, Kecamatan Kapuas tengah dan Kecamatan Timpah.
    
Sementara di Kabupaten Gunung Mas endapan logam mulai ini berada di Kecamatan Tewah, Kahayan, Rungan, Manuhing, Sepang, dan Kecamatan Kurun. Wilayah Kota Palangkaraya endapannya berada di Sungai Takaras Kecamatan Bukit Baru, di Kabupaten  Murung Raya berada di Kecamatan Sumber Barito, Permata Intan, dan Kecamatan Tanah Siang.
    
Kabupaten lainnya emas berada di Kecamatan Seruyan Hulu dan Seruyan tengah Kabupaten Seruyan, dan Kecamatan Katingan Hulu, Katingan tengah, Senaman Mantikel, dan Kecamatan Katingan Hili Kabupaten Katingan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com