Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Pembuatan KTP "Online" Diresmikan

Kompas.com - 10/11/2009, 10:58 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung, Jawa Barat, Dada Rosada berjanji pembuatan KTP online dan gratis dijadwalkan diresmikan Rabu (11/11), dan langsung bisa diakses di setiap kecamatan. KTP online ini dilengkapi dengan pembuatannya yang gratis.

"Kalau kami sih sesuai perda saja. Berhubung dalam perda kami harus menggratiskan pembuatan KTP, ya otomatis harus kami gratiskan," kata Dada di Bandung, Selasa.

Persiapan KTP online ini sudah hampir rampung di setiap kecamatan, baik itu infrastruktur, jaringan, maupun persiapan SDM yang memang harus melek teknologi.

Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda menambahkan, persiapan KTP online sudah mencapai 80 persen di tingkat kecamatan.

Sementara itu, DPRD Bandung minta agar KTP online ini segera diberlakukan mengingat isu ini sudah digulirkan sejak tahun 2000. Dewan juga berharap, KTP online ini bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Wacana sistem online ini kan sudah ada sejak tahun 2000, dengan biaya yang tidak sedikit. Jadi, kami harap segera direalisasikan," ujar Ketua Fraksi PKS Oded Mohamad Danial.

KTP gratis selama ini terkendala peraturan wali kota (perwal) sehingga rencananya baru bisa direalisasikan pada 2010. Padahal, perda retribusi tentang KTP gratis ini telah disahkan dengan Perda No 29 Tahun 2009.

"Rekomendasi dari Departemen Keuangan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengenai retribusi KTP sudah diturunkan, kami hanya menunggu perwalnya," ujar Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bandung Johny Sulendjah Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com