Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek 81 Tahun Nikahi Pria 35 Tahun

Kompas.com - 29/10/2009, 09:48 WIB

BATANG, KOMPAS.com — Cinta tidak pandang usia, dan itulah yang terjadi pada Sarkonah, nenek berusia 81 tahun. Ia jatuh cinta dan menjalin asmara dengan perjaka bernama Ahmad Fadholi alias Mat Jali, tetangganya yang berusia 35 tahun.

Lima tahun hubungan mesra mereka berjalan tanpa pernikahan alias kumpul kebo, di kampung mereka di Desa Dempet, RT 02/RW 09, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Hubungan mereka akhirnya membuat para tetangga gerah. Hubungan kedua manusia yang usianya berbeda jauh ini dinilai sudah meninggalkan nilai kesopanan.

Namun, bukan jalan kekerasan yang diambil para tetangga Sarkonah dan Mat Jali. Mereka berembuk dan sepakat menikahkan pasangan tersebut.

Akhirnya, Sarkonah, warga asal Dukuh Dempet, Desa Gringsing, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, resmi diperistri Mat Jali.

Sarkonah yang akrab dipanggil Mbah Konah tampak bersemangat dan tidak memperlihatkan perasaan malu atau risih ketika diminta menceritakan perjalanan cintanya dengan Mat Jali.

"Sebelumnya, saya memang biasa-biasa saja ketika bertemu dengan Mat Jali. Namun, akibat sering bertemu dan adanya perhatian besar dari Mat Jali, saya pun mulai mencintai dirinya," katanya.

Ditemani menantunya, Sukimah, nenek kelahiran 1928 itu bercerita bahwa perasaan cinta Mat Jali dengannya tidak diukur dari status umurnya, tetapi kondisi kehidupannya.

Mat Jali, yang saat ini menempati rumah dengan ukuran luas 3,5 x 6,5 meter itu, dipandangnya sebagai pasangan hidup untuk kedua kalinya.

Mbak Konah pernah menikah dengan Yamin (almarhum) dan dikaruniai tiga putra, yaitu Mujiyo (57), Mujiman (54), dan Matoya alias Reban (50).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com