Minggu, 21 Desember 2014

News / Regional

Lowongan CPNS, Ijazah SMA Tidak Diterima

Minggu, 25 Oktober 2009 | 16:20 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com - Tahun ini Pemerintah Kabupaten Lamongan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil dari jalur umum sebanyak 436 formasi. Persyaratan ijazah terakhir minimal lulusan Diploma Dua atau D2 dan tidak dibuka kualifikasi untuk ijazah SMA dan yang sederajat. Tahun ini Lamongan banyak membutuhkan tenaga kesehatan sebanyak 153 formasi diantaranya untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di Rumas Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngimbang.

Kepala Bagian Humas dan Informasi Komunikasi Kabupaten Lamongan, Aris Wibawa Minggu (25/10) menyebutkan lowongan tenaga guru dibuka 142 formasi, terdiri Guru TK (2), Guru SD (102), Guru SMP (13), Guru SMA (6) dan SMK (19). Lowongan tenaga kesehatan 153 formasi terdiri dari dokter umum (6), Dokter Gigi (6), Apoteker (4), bidan (8) dan perawat (75).

Pada lowongan Tenaga Teknis dibuka 141 formasi diantaranya Ekonomi Akuntansi (17), Ekonomi Manajemen (13). Selain itu juga dibuka formasi untuk lulusan Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hukum, Teknis Industri dan Teknik Sipil serta Arsitek.

Jumlah formasi lowongan CPNS dari jalur umum yang dibuka tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu. Tahun lalu dibuka 356 formasi terdiri dari 252 Tenaga Kependidikan, 62 Tenaga Kesehatan dan 42 Tenaga Teknis.

Pengumuman rinci lowongan CPNS tahun ini dipasang mulai Senin (26/10) di Kantor Pos se-Kabupaten Lamongan, Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lamongan dan seluruh kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan kantor kecamatan se-Kabupaten Lamongan. Pengumuman tersebut mencakup lowongan jabatan, kode jabatan dan kualifikasi pendidikan serta tata cara pendaftaran beserta ketentuan lainnya secara rinci.

Pengajuan lamaran dikirim melalui kantor pos mulai 30 Oktober hingga 9 November cap pos melalui Kantor Pos di seluruh wilayah Lamongan. Lowongan ini terbuka bukan hanya untuk warga yang memiliki kartu tanda penduduk Lamongan tetapi juga yang dari luar Lamongan, asalkan pengajuan lamaran dikirim melalui kantor pos yang ada di Lamongan. Tes CPNS akan dilakukan pada 21 November, hasilnya akan diumumkan pada 28 November dan yang diterima jadi CPNS mulai bekerja pada 1 Januari 2010.

Lowongan CPNS ini terbuka bagi pelamar dengan usia 18 hingga 35 tahun. Berkas lamaran dilengkapi surat permohonan kepada Bupati Lamongan, salinan ijazah dan transkrip yang dilegalisasi dan pas foto hitam putih dan salinan KTP. Khusus bagi pelamar dengan u sia 35 hingga 40 tahun harus melampirkan surat pengalaman kerja yang menunjang kepentingan nasional sebagaimana diatur dalam peraturan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Nomor 30 Tahun 2007.

Sekretaris Kabupaten Lamongan yang juga Ketua Panitia Pengadaan CPNS Lamongan 2009, Fadeli meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya jika ada yang berani menjamin bisa masuk PNS dengan membayar uang. "Seleksi CPNS ini dipastikan dilakukan secara fair dan transparan. Masyarakat jangan tergoda dengan berbagai tawaran yang tidak jelas, yang mengatasnamakan nama pejabat," katanya. 


Editor : mbonk