Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Gambar dan Video Mesum di Ponsel Pelajar SMA

Kompas.com - 09/10/2009, 11:11 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com — Telepon seluler (ponsel) pelajar di Kota Kediri, Jawa Timur, disinyalir banyak berisi gambar ataupun video yang menampilkan perbuatan mesum.

Hal tersebut terungkap saat razia yang digelar oleh Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kediri di beberapa sekolah menengah atas (SMA) yang berada di wilayah Kota Kediri.

Beberapa sekolah yang didatangi petugas dari Polresta Kediri tersebut, antara lain, di SMAN 8 Kota Kediri di Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa No 77, SMAN 3 Kecamatan di Jalan Mauni No 88 Kediri, serta SMK Pawyatan Daha di Jalan Slamet Riyadi 66 Kediri.

Petugas menemukan puluhan ponsel pelajar yang berisi beberapa dokumen atau arsip dengan judul yang berbau mesum. Sayangnya, saat akan dibuka, ternyata dokumen itu sudah dihapus, dan tinggal laporan pernah dibuka saja.

Walaupun sudah tidak ada dokumen tersebut, petugas tetap menyita dan menyerahkan kepada pihak sekolah agar ditindaklanjuti. Terdapat belasan ponsel berbagai merek yang disita petugas dan langsung diserahkan kepada pihak sekolah.

Kepala Sekolah SMK Pawyatan Daha, Eni Nuryani, mengatakan akan menindaklanjuti penemuan petugas tersebut dan berusaha keras untuk membina anak didiknya.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Sekolah SMAN 8 Kota Kediri Mardjuki. Ia mengaku akan lebih intensif untuk mendidik anak didiknya. Sekolah tidak dapat melarang anak didiknya untuk membawa ponsel.

"Sekolah sebenarnya sudah melarang kepada para siswa untuk membawa ponsel yang mempunyai teknologi tinggi, seperti ada kamera atau videonya. Namun, tidak semua siswa dapat mematuhi hal itu sehingga kami hanya bisa mengawasi," kata Mardjuki.

Kepala Bagian Bina Mitra Polresta Kediri Kompol Abraham Gurgurem mengatakan, pihaknya intensif mengadakan razia terutama ponsel pelajar. Hal itu menyusul dengan beredarnya video mesum yang melibatkan pelajar dari sebuah SMA negeri di Kota Kediri.

"Kami intensif mengadakan razia kepada semua sekolah di Kota Kediri. Hal itu kami lakukan untuk mencegah berbagai tindakan yang menjurus perbuatan mesum, seperti peredaran video kemarin," katanya seusai razia.

Ia mengaku prihatin dengan sikap beberapa remaja yang menyalahgunakan teknologi untuk hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan, bahkan disalahgunakan untuk menerima gambar dan video yang berhubungan dengan perbuatan mesum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com