Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

World Vision Indonesia Sediakan Rp 2,6 Miliar untuk Korban Gempa

Kompas.com - 01/10/2009, 16:50 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.com  - Lembaga Kemanusiaan World Vision Indonesia mengalokasikan dana senilai 262 ribu dolar AS atau Rp2,6 miliar untuk membantu korban gempa 7,6 Skala Richter (SR) yang melanda Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (30/9).

"Dana tersebut segera didistribusikan dalam bentuk paket bantuan. Saat ini kami tengah mempersiapkan 2.000 paket bantuan bagi keluarga dan 750 paket untuk balita," kata National Director World Vision Indonesia Trihadi Saptohadi di Jakarta, melalui siaran pers, Kamis, Kamis (1/10).

Paket bantuan itu berupa tenda, tikar plastik, sarung, selimut, pembalut wanita dan peralatan untuk bayi. "Kami juga menyiapkan 2.000 kantung air yang akan diberikan kepada korban gempa di Sumatra Barat," ujarnya.

World Vision juga menggalang tambahan dana untuk para korban di berbagai  belahan dunia hingga mencapai 1 juta dolar AS atau Rp10 miliar.

Selain itu, kata Trihadi, pihaknya juga menerjunkan tiga staf ahli untuk melakukan pengkajian awal dan telah tiba di lokasi bencana Kamis pagi.

 "Saat ini situasi sangat kritis dan dibutuhkan tenaga ahli yang mampu mengkaji kondisi di lapangan sehingga langkah strategis untuk pemulihan bisa segera diambil," katanya.

Menurut dia, pihaknya memiliki staf profesional dan terlatih sehingga siap diterjunkan kapan saja dan di mana saja. "Kami juga menyiapkan paket darurat di gudang-gudang penyimpanan dan siap didistribusikan saat terjadi bencana," ujarnya.

Ia mengatakan hingga kini pihaknya masih memberikan bantuan kepada korban gempa di Pangalengan dan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kendati demikian,  sebagai organisasi kemanusiaan yang tanggap bencana, World Vision tetap berkomitmen menerjunkan staf terbaik untuk merespons bencana di Sumatra Barat. "Kami akan bekerja secara sinergis dengan pemerintah dan masyarakat untuk memastikan bahwa masyarakat miskin dan anak-anak tidak semakin menderita akibat bencana gempa," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com