Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bikin Panik Warga Aceh

Kompas.com - 30/09/2009, 18:30 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 7,6 skala Richter (SR) yang mengguncang Sumatera Barat pukul 17.16 WIB juga dirasakan warga di Banda Aceh sehingga menimbulkan kepanikan.
    
"Kita semua yang sedang bekerja di gedung lantai dua berhamburan turun karena merasakan getaran gempa," kata Hendrik, seorang warga di Banda Aceh, Rabu (30/9).

Di Provinsi Aceh, gempa kuat juga dirasakan warga yang berdiam di Kabupaten Aceh Barat, Aceh Selatan, dan Subulussalam, serta Aceh Singkil, sedangkan warga Banda Aceh hanya merasakan guncangan kecil.

Kepala Stasiun Geofisika di Banda Aceh Syahnan menyatakan, gempa kuat itu berpusat di kawasan Pariaman (Sumbar) dan juga dirasakan warga di Provinsi Aceh.

"Gempa bukan terjadi di Aceh, tetapi di Pariaman (Sumbar). Kita di Aceh juga merasakan guncangan, terutama yang berada di pesisir barat dan selatan Aceh," katanya.
    
Syahnan mengatakan, gempa diperkirakan berkisar antara III sampai IV Modified Mercally Intensity (MMI). Sementara di Banda Aceh dan sekitarnya hanya II MMI.

"Warga pesisir di Aceh Selatan terlihat panik karena guncangan berkisar antara III sampai IV MMI itu," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tersebut terjadi pada episentrum 0,84 lintang selatan (LS) dan 99,65 bujur timur (BT).

Pusat gempa berada pada 57 km barat laut Pariaman, Provinsi Sumbar, dengan kedalaman 71 km. Belum ada laporan korban jiwa di Aceh akibat gempa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com