Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Bus di Terminal Jombor Ludes Terjual

Kompas.com - 23/09/2009, 18:39 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Seluruh tiket bus tujuan Jakarta untuk keberangkatan tanggal 25-27 September di Terminal Jombor, Sleman, DI Yogyakarta, ludes terjual. Perusahaan-perusahaan bus pun mengoperasikan armada tambahan untuk memenuhi tingginya permintaan.

"Total bus yang telah terisi penuh untuk keberangkatan pada tanggal-tanggal tersebut sebanyak 40 unit. Sekarang, seluruh PO (perusahaan otobus) mulai menjual tiket bus tambahan," kata Ketua Paguyuban Agen dan Perwakilan Bus Malam (Papbima), Sony Kurniawan, Rabu (23/9).

Terdapat 15 PO di Terminal Jombor dan setiap PO mengoperasikan 1-2 bus tambahan untuk mengantisipasi melonjaknya penumpang arus balik Lebaran ini. "Saat ini, tiket bus tambahan baru terpesan 20 persen," kata Sony.

Adapun tiket bus dijual mulai Rp 180.000 (AC ekonomi) hingga Rp 290.000 (eksekutif) atau mengalami kenaikan dari harga normal yang berkisar Rp 100.000 (AC ekonomi) hingga Rp 165.000 (eksekutif).

Ditemui secara terpisah, Kepala Seksi Angkutan dan Terminal dan Angkutan Umum Bidang Perhubungan Sleman, Marjanto memprediksikan arus balik pemudik di Terminal Jombor terjadi pada Sabtu 26 September nanti. Pasalnya, tanggal itu merupakan hari terakhir libur Lebaran.

"Kami perkirakan jumlah penumpang bisa menembus angka 7.000 orang," katanya. Hal ini tidak berbeda jauh dengan puncak arus balik pada 2008 lalu yang mencapai 7.516 penumpang pada H+3 Lebaran. Adapun jumlah arus penumpang yang tercatat kemarin sebanyak 5.063 penumpang yang diangkut melalui 166 bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com