Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

26.985 Rumah di Kabupaten Bandung Rusak

Kompas.com - 03/09/2009, 15:15 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebanyak 26.985 rumah warga Kabupaten Bandung rusak diakibatkan gempa bumi dengan kekuatan 7,3 skala Richter yang mengguncang pada hari Rabu (2/9) pukul 14.55.

Dari 22 kecamatan yang melaporkan kerusakan akibat gempa, 13 orang dilaporkan meninggal dunia dan 373 luka-luka.

Demikian data resmi yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Bandung setelah menghimpun keterangan dari seluruh camat yang ada, Kamis (3/9). Saat ini Pemkab berupaya untuk mendatangkan bantuan bagi warga yang mengungsi ataupun menjadi korban sewaktu gempa terjadi. "Kami upayakan untuk mengajukan bantuan ke tingkat provinsi maupun pusat," terang Bupati Bandung Obar Sobarna.

Dalam kesempatan yang sama, dia meminta para aparat daerah untuk melaporkan data yang paling mendekati kenyataan di lapangan. Dengan demikian, tidak akan ada masalah pada tahap rehabilitasi nantinya.

Diungkapkan secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Juhana menerangkan, 10 kecamatan melaporkan kerusakan. 89 unit sekolah melaporkan kerusakan bangunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com