Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Semen Tuban IV Dibangun

Kompas.com - 21/08/2009, 04:05 WIB

Tuban, Kompas - PT Semen Gresik mulai membangun pabrik semen Tuban IV berkapasitas 2,5 juta ton per tahun. Pemancangan tiang pertama dilakukan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Sofyan A Djalil di Tuban, Jawa Timur, Kamis (20/8). Nilai investasi pembangunan pabrik itu Rp 3,5 triliun. Pabrik direncanakan dapat beroperasi penuh awal 2012.

Sofyan berharap pembangunan pabrik merupakan solusi untuk memenuhi kekurangan semen dalam negeri sebanyak 7 persen per tahun, sekaligus menjawab kebutuhan semen 120 juta ton per tahun pada 2020. Kapasitas PT Semen Gresik pun diharapkan bisa ditingkatkan menjadi 20 juta ton hingga 25 juta ton per tahun.

Pembangunan pabrik semen Tuban IV, ungkap Sofyan, sejalan dengan lonjakan tingkat kebutuhan semen di Indonesia pada masa depan. Dari tahun ke tahun, kebutuhan semen meningkat.

Namun, Sofyan mengingatkan, pembangunan pabrik semen baru harus mempertimbangkan aspek lingkungan hidup. Industri semen pada waktu lalu rawan terhadap keseimbangan lingkungan. Strategi memerhatikan keseimbangan lingkungan harus dilakukan karena berdasarkan kajian 2004, di Pulau Jawa terjadi kekurangan pasokan air bersih 75 juta meter kubik.

Direktur Utama PT Semen Gresik Dwi Sutjipto menambahkan, selain membangun pabrik baru di Tuban, Semen Gresik membangun pabrik baru di Tonasa, Sulawesi Selatan, dengan kapasitas produksi 2,5 juta ton.

Dwi menyebutkan, pada 2012 tingkat kapasitas produksi Semen Gresik Group 25,5 juta ton per tahun.  ”Khusus untuk pabrik Semen Gresik di Tuban, pada 2012 mampu memproduksi 11,5 juta ton per tahun. Semen Gresik Group mengalokasikan investasi sebesar Rp 7,4 triliun untuk pembangunan dua pabrik semen baru di Tuban dan Sulsel dan dua unit power plant di Sulsel. (ACI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com