Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tubuh Andika, Mahasiswa UGM Ditemukan?

Kompas.com - 02/08/2009, 19:47 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim SAR menemukan sesosok tubuh yang diduga Andika Listyono Putra, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, yang hilang saat mendaki Gunung Semeru.

"Kami menerima kabar bahwa tim SAR Minggu sekitar pukul 15.00 WIB menemukan sesosok tubuh yang diduga Andika," kata Kepala Bidang Humas dan Keprotokolan UGM Yogyakarta, Suryo Baskoro, di Yogyakarta, Minggu (2/8).

Menurut dia, sesosok tubuh yang diduga Andika, mahasiswa Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM angkatan 2008 itu, berada di jurang berkedalaman sekitar 75 meter dan ditemukan pada hari kelima pencarian.

Meskipun berada dalam kedalaman sekitar 75 meter, kata Suryo, tim SAR gabungan dari beberapa elemen meyakini sesosok tubuh itu Andika Listyono Putra. "Tubuh itu hampir dipastikan Andika karena pada enam hari terakhir tidak ada laporan mengenai warga yang hilang," katanya.

Namun, tim SAR belum bisa memastikan apakah Andika sudah meninggal atau masih hidup. "Penemuan sesosok tubuh di dasar jurang itu ditemukan pada hari kelima. Jika ditemukan pada hari keempat, kemungkinan bertahan hidup masih ada. Semoga ada mukjizat," katanya.

Sementara itu, kondisi cuaca di sekitar tempat penemuan sesosok tubuh sangat buruk, karena angin bertiup kencang dan suhu udara minus 3 derajat Celcius. "Kami belum memperoleh kepastian, apakah tim SAR akan melakukan evakuasi pada hari ini juga, karena kondisi medan cukup sulit," katanya.

Koordinator Posko Kelompok Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (KPALH) Sentrajana Fisipol UGM, Maulana Nurdin Okta, mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan sesosok tubuh yang ditemukan di jurang adalah Andika.

"Kami sulit menghubungi teman-teman yang ikut pencarian akibat komunikasi terhambat. Kami belum akan memastikan sesosok tubuh yang ditemukan adalah Andika, karena masih semua itu masih tanda-tanda saja," katanya.

Oleh karena itu, Posko KPALH Sentrajana Fisipol UGM terus menunggu kepastian dan berusaha melakukan komunikasi dengan tim pencarian di Gunung Semeru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com