Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eddy Rumpoko: Saya Bercita-Cita Mandirikan Organisasi Arema

Kompas.com - 28/07/2009, 23:12 WIB

KOMPAS.com - Sudah sekitar tiga pekan berjalan semenjak pengurus Yayasan Arema Satrija Budi Wibawa menemui Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, dan SBW menawarkan kepada Eddy untuk mengambil alih pengelolaan Persatuan Sepakbola Arema menghadapi musim kompetisi tahun ini, hingga kini belum ada kelanjutan masa depan hubungan Eddy dan Arema.

Sementara masa tibanya jadwal pendaftaran kepesertaan dalam kompetisi sepak bola nasional yang kian dekat, komunitas pendukung Aremania mendesak Arema segera bertindak. Eddy Rumpoko yang menunjukkan minat pribadi yang amat besar, dinilai paling memahami semangat Aremania.

Hari Selasa (28/7) Eddy Rumpoko menerima permintaan wartawan berwawancara di rumah dinasnya sebagai Wali Kota Batu, yang kini telah dibuat nyaman karena gazebo yang sejuk, dikelilingi kolam air mancur gemericik tiga tingkat dan dipenuhi ikan mas berkeliaran.

Tanya (wartawan): Anda dinilai setengah hati menggaet manajemen PS Arema. Sejauh mana sebenarnya hasrat Anda ?

Eddy Rumpoko (ER): Saya terikat oleh sejarah almarhum Ebes Sugiyono, bapak saya (Brigjen TNI Sugiyono, Wali Kota Malang periode 1973-1983 Red). Beliau salah seorang perintis berdirinya PS Arema bersama Pak Acub Zaenal, selagi Bapak waktu itu Wali Kota, masa remaja saya dipenuhi kenangan akan heroisme Arema.

Kata Arema sendiri itu kan sudah ada sejak sebelum PS Arema. Hubungan saya, adalah hubungan sejarah itu. Saya menyatakan kesediaan mengurus karena sebagai Arema (arek Malang) saya berkeinginan tetap mempertahankan Arema di Malang, sementara saat ini ada banyak pihak yang berkeinginan memanfaatkan Arema dari luar wilayah Malang. Mereka menyadari benar manfaat PS Arema sebagai ikon persepakbolaan.

T: Bagaimana sebenarnya konsep Anda saat menerima pengurus Yayasan Arema?

ER: Saya belum merinci di depan pengelola, kecuali prinsip itu. Soal lokasi pertandingan boleh di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen atau Stadion Gajayana, Kota Malang. Namun saya berminat untuk menyediakan base camp di Batu.

T: Itu diputuskan sebagai pribadi atau sebagai Wali Kota?

ER: Sebagai pribadi dan selaku kepala daerah (ER tersenyum -Red). Maksudnya begini, sebagai pribadi saya menyanggupi mengelola, namun kesempatan itu saya nilai bisa dilaksanakan terutama selagi saya menjabat sebagai kepala daerah. Sebab dengan peran kepala daerah tersebut, saya bisa mengajak pengusaha-pengusaha. Saya bisa memberikan fasilitas seperti kantor, tempat latihan, home base.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com