Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, ABG Manado Korban Penipuan Dipulangkan

Kompas.com - 15/07/2009, 16:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 27 korban penipuan agensi palsu akan dipulangkan ke Manado Sulawesi Utara. Mereka akan dipulangkan bertahap mulai Kamis (16/7) besok. Mereka diharuskan kembali ke Manado, paling lambat 30 Juli 2009.

"Tentang saudara-saudara kita yang tertipu tiga tersangka dari Sulawesi Utara akan dipulangkan ke Sulawesi Utara. Mereka pulang dengan difasilitasi Gubernur Sulut dan Polri karena telah membantu dalam proses penyidikan kasus ini," ujar Wakil Kepala Divisi Humas, Brigadir Jenderal Polisi Sulistyo Ishak, kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/7).

Menurut dia, keadaan ke-27 korban tidak memungkinkan untuk tetap tinggal di Jakarta. Selain karena ekonomi, beberapa di antara mereka juga sakit.

Sebelumnya, sebanyak 30 remaja dan anak-anak asal Manado terlunta-lunta selama empat hari di Jakarta. Mereka dijanjikan akan syuting. Namun, hingga Jumat (10/7) lalu, audisi itu tidak pernah ada. Padahal, mereka telah membayar uang muka antara Rp 5 juta-Rp 10 juta.

Pelaku penipuan terdiri dari tiga orang, DC dan AP sudah ditahan Bareskrim Polri. Sementara itu, R masih buron. DC dan AP, dalam menjalankan aksinya, menyebarkan selebaran untuk menjadi anggota agensinya. Mereka menjanjikan akan menjadikan korbannya artis jika menyetor sejumlah uang. Jika ingin langsung syuting, mereka diwajibkan membayar uang tambahan.

Terkait tersangka R, polisi menduga dia juga menjadi korban dari DC dan AP. "Oleh karena itu, kami masih mendalaminya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com