Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Event Bahari Sumber Pemasukan Masyarakat Lokal

Kompas.com - 10/07/2009, 20:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua event wisata bahari, Darwin-Ambon Yacht Race 2009 dan Sail Bunaken, yang akan dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus 2009 diperkirakan akan menjadi sumber pemasukan baru bagi masyarakat lokal.

Demikian dikemukakan Dirjen Pengembangan Destinasi Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Firmansyah Rahim dalam Diskusi Jumat Forum Wartawan Kebudayaan dan Pariwisata  di Jakarta, Jumat (10/7).

Menurutnya, dua event itu akan banyak mendatangkan wisatawan mancanegara yang singgah di beberapa daerah di Indonesia. Karenanya hotel dan toko cinderamata pasti akan laris manis oleh wisatawan mancanegara.

"Hitungannya setiap wisatawan menghabiskan 150 dollar AS per hari. Sementara 1 kapal memuat 5-10 orang. Coba hitung berapa pemasukan yang didapat masyarakat lokal bila 4-5 hari kapal berlabuh di daerah itu?" tanyanya.

Saat ini, tambah Walikota Ambon Jopie Papilaja, sudah dibangun 17 hotel dan penginapan di Ambon. Untuk hotel bintang 3 ada 7 dan untuk hotrl bintang 5 ada 1 yang sudah beroperasi. Selain itu, toko cinderamata juga sudah menyebar di beberapa tempat di Ambon.

"Nantinya, Ambon juga akan membangun marina untuk memfasilitasi para wisatawan mancanegara yang berlabuh di Ambon," tutupnya.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com