Senin, 28 Juli 2014

News / Nasional

Kampanye SBY-Boediono Dinilai Mirip Gaya Obama

Jumat, 5 Juni 2009 | 19:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Konsep pendeklarasian pasangan calon presiden-calon wakil presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono di Sasana Budaya Ganesha ITB, Bandung, pertengahan bulan lalu, disebut-sebut mirip dengan pendeklarasian capres-cawapres AS, Barack Obama-Joe Biden di Illinois pada bulan Agustus 2008.

Hal yang sama terjadi pada kampanye perdana SBY dalam bentuk pidato politik, Kamis (4/6) lalu di PRJ, Kemayoran, Jakarta. Pantauan Kompas.com, tidak hanya penataan tempat saja yang sama, bahkan juga konsep acara dan desain poster dan spanduk yang dibentangkan.

Ketua DPP Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengatakan, pihaknya memang menyelenggarakan kampanye modern dan berstandar internasional. Menurutnya, model kampanye yang dilaksanakan di AS, dan juga di Eropa dan Afrika, merupakan bentuk yang sederhana, modern, tertutup, dan terbatas. "Sudah tidak zaman lagi kampanye model arak-arakan dan rapat akbar, serta menyampaikan pesan-pesan retorika di tengah lautan massa," ujarnya, Jumat (5/6) di Bravo Media Center, Jakarta.

Andi menambahkan, konsep kampanye ini akan diterapkan pada kampanye SBY-Boediono di daerah-daerah. "Kami menggunakan ruang-ruang pertemuan atau lapangan bulu tangkis," ujarnya. Rapat akbar, ia melanjutkan, hanya diselenggarakan satu kali, yakni di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada tanggal 4 Juli mendatang.

 


Editor :