Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AU Terjunkan Tim Penyidik ke Lokasi

Kompas.com - 21/05/2009, 11:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menyelidiki penyebab kecelakaan pesawat Hercules di Desa Geplak Kecamatan Karas Magetan, pada hari Kamis (21/5)  ini TNI AU menerjunkan Panitia Penyidik Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU) ke lokasi  jatuhnya pesawat.

"Kemarin kami sudah mengirimkan tim inevatigasi, namun hari ini telah diterjunkan Panitia Penyidik Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU)," ungkap Kepala Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja TNI AU Marsekal Pertama I Wayan  Sumitra di Magetan.

I Wayan Sumitra memaparkan tim PPKPU akan menyelidiki serta mengidentifikasi lima unsur guna mengungkap penyebab pasti jatuhnya pesawat Hercules C 130 milik TNI AU di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, kemarin.

Lima unsur yang akan diidentifikasi tersebut, kata I Wayan, adalah unsur manusia, material pesawat, misi pesawat, media, dan manajemen di tingkatan pengambil kebiajakan.

Dalam menjalankan tugasnya di lapangan, tim PPKPU hari ini juga mengambil serpihan perawat dan menyelidiki di mana benturan pertama terjadi.

I Wayan menambahkan, posisi bangkai pesawat agak menyulitkan untuk investigasi. "Badan pesawat terbalik, posisi kotak hitam juga belum ditemukan, padahal kotak hitam ini penting untuk mengungkap kemungkinan-kemungkinan kontak pilot dan keluahan mereka sebelum pesawat jatuh," ujar Marsma I Wayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com