Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Gaji Januari-Maret Dicairkan 15 Mei

Kompas.com - 12/05/2009, 18:00 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com — Rapel kekurangan kenaikan gaji 15 persen dari gaji pokok bagi Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Lamongan jatah Januari, Februari, dan Maret akan dicairkan pada Jumat (15/5) mendatang. Total anggaran yang disiapkan untuk rapelan kenaikan gaji PNS selama Januari, Februari, dan Maret sebesar Rp 11,5 miliar. Sekretaris Kabupaten Lamongan, Selasa (12/5), menyatakan, di Lamongan tercatat 12.698 PNS, sebagian besar PNS adalah guru di bawah naungan dinas pendidikan sebanyak 5.934 orang.

Sebenarnya dana rapelan kenaikan gaji PNS selama tiga bulan itu sudah siap. Akan tetapi, pencairannya terlambat karena dalam proses administrasinya terkendala proses di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dinas pendidikan yang tidak bisa tuntas tepat waktu karena jumlah PNS-nya banyak. Kendala lain, mekanisme verifikasi panjang dan ada yang salah penghitungan sehingga butuh waktu untuk pengoreksian. Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Lamongan sudah menyupervisi agar proses administrasi pada Dinas Pendidikan tuntas.

Fadeli menjelaskan, kekurangan kenaikan gaji bulan Januari, Februari, dan Maret dirapel Mei. Dia memastikan, rapelan kenaikan gaji itu dicairkan pada Jumat minggu ini. Rapelan kenaikan gaji itu diharapkan memacu kinerja dan disiplin PNS. Besaran kenaikan dihitung berdasar gaji pokok. "Berbagai tunjangan, seperti beras, fungsional, maupun struktural tidak masuk dalam besaran perhitungan kenaikan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com