Ketua KPPS Meninggal di TPS - Kompas.com

Ketua KPPS Meninggal di TPS

Kompas.com - 09/04/2009, 21:43 WIB

JEPARA, KOMPAS.com- Ali Ridwan (48), Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Desa Sidigede, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, meninggal saat menjalankan tugas pemilu, Kamis (9/4). Diduga, dia terkena serangan jantung.

Dengan demikian, jumlah orang meninggal berkait dengan pemilu sampai petang ini sudah tiga orang. Sebelumnya, korban meninggal ada di Mataram dan Magelang.

Secara umum, pelaksanaan pemilu di sebagian wilayah Kabupaten Kudus, Jepara, dan Pati yang dipantau Kompas, berlangsung aman dan lancar. Diperkirakan ada kenaikan jumlah pemilih dibanding jumlah pemilih pada pemilu 2004 maupun pemilihan gubernur Jawa Tengah 2008, karena  hampir sebagian besar  TPS didatangi pemilih.

Namun, sebagian besar pemilih menyatakan bingung, ketika telah berada bilik TPS, karena  jumlah partai politik maupun jumlah calon legislatifnya yang tercamtum dalam kertas suara teramat banyak. Bahkan saat melipat kertas suara pun, acak-acakan,  akibatnya proses pecentrangan (pencethangan) berlangsung 5-10 menit.

“Apalagi kami tidak bisa membaca maupun menulis,” tutur sejumlah pemilih warga komunitas Sedulur Sikep Desa Baturejo Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati.

Beruntung  sejumlah caleg dari partai tertentu, begitu aktif  berkunjung dari rumah ke rumah, termasuk memperagakan cara pencethangan yang telah diarahkan ke “titik” tertentu, sehingga agak membantu pemilih yang buta huruf.

Editor