Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami Sang Diktator dari Bukunya

Kompas.com - 30/03/2009, 20:49 WIB

Judul Buku: Hitler's Private Library: The Books That Shaped His Life
Penulis       : Timothi W. Ryback
Penerbit      : Alfred A Knopf
Cetakan I    : Tahun 2008
Tebal           : xx+276 hal

Timothy Ryback menemukan sekitar 1.200 buku warisan Hitler di perpustakaan Library of Congress, Washington DC. Buku-buku Hitler penuh dengan catatan, garis bawah, tanda tanya, dan tanda seru. Berangkat dari penemuan tersebut, digabungkan dengan tulisan, pidato, percakapan, maupun tindakannya, Ryback melakukan kajian pustaka terhadap koleksi buku yang dibaca Hitler.

Ryback mencoba menelaah dunia intelektual Hitler, pemikiran, obsesi, dan juga evolusi pribadinya dari beragamnya tema buku yang dibacanya. Mulai dari buku anti-Semit, salah satunya karya Henry Ford, The International Jew, hingga sejarah awal gereja, militer, serta revolusi Rusia. Intensitas bacanya akan buku agama dan soal gaib membentuk pemikirannya akan takdir. Nietzsche memberikan pengaruh soal fanatisme dan heroisme. Sementara biografi Frederick yang Agung mampu membangkitkan semangat Hitler untuk meneruskan perjuangan saat Perang Dunia II.

Hitler juga penikmat bacaan sastra. Ia mengoleksi karya William Shakespeare. Ia juga membaca Don Quixote, Robinson Crusoe, Uncle Tom’s Cabbin, dan Gulliver’s Travel, yang disebutnya sebagai karya sastra besar dunia. Karl May adalah penulis favorit yang sangat dikaguminya. Hitler menjadikan buku-buku Karl May sebagai pelipur lara. (RPS/Litbang Kompas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com