Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedikitnya 28 SD di Kediri Bakal Punya Perpustakaan

Kompas.com - 27/02/2009, 18:39 WIB

 

KEDIRI, JUMAT - Sedikitnya 28 sekolah dasar di Kota Kediri, Jawa Timur akan memiliki sarana pendidikan yang bagus termasuk perpustakaan. Pasalnya, tahun 2009, Kota Kediri akan mendapat dana alokasi khusus bidang pendidikan sebesar Rp 8,245 miliar dari pemerintah pusat.

Kepala Subdin Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Kediri Muladi, Jumat (27/2) mengatakan setiap sekolah rencananya akan mendapat alokasi sebesar Rp 250 juta. Dana akan dikirim melalui pemerintah daerah, baru kemudian disalurkan ke sekolah-sekolah.

Total SD di Kota Kediri sebenarnya 139 sekolah, akan tetapi karena pendanaan terbatas, baru 28 sekolah yang bisa mendapatkan pembiayaan. Dari 28 SD, sebanyak dua diantaranya merupakan Sekolah Dasar Luar Biasa, ujarnya.

Selain DAK sebesar Rp 8,245 miliar, pemerintah Kota Kediri juga akan mengalokasikan dana pendamping sebesar 10 persennya atau sekitar Rp 800 juta. Tujuannya supaya sekolah yang mendapat pendanaan lebih banyak.

Adapun sekolah mana saja yang akan mendapat kucuran dana tersebut, Muladi belum bisa menjawab. Alasannya, pemilihan sekolah akan dilakukan melalui rapat dengan Wali Kota Kediri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com