Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Mahasiswa Palembang Segel KFC dan McDonalds

Kompas.com - 01/01/2009, 11:53 WIB

PALEMBANG, KAMIS - Di hari pertama tahun 2009 ini, ribuan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Raden Patah Kota Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (1/1) berunjukrasa di jalan-jalan protokol kota. Dalam aksi mengutuk serangan Israel ke Palestina itu, mahasiswa menyegel restoran franchise KFC dan McDonalds sebagai bentuk boikot produk AS dan Israel.

Pantauan Kompas, mahasiswa mulai berkumpul dari Kampus IAIN Raden Patah sekitar pukul 09.00. Massa kemudian bergerak dan memadati ruas Jalan Sudirman Palembang. Selain unjuk rasa, sebagian demonstran mengadakan aksi penggalangan dana dari masyarakat di jalan-jalan.

Sesampainya di depan restoran KFC, mahasiswa mulai memasuki halaman. Mereka kemudian membentangkan spanduk dan memasang tali dan mengaitkannya di depan pintu restoran. Hal yang sama dilakukan mahasiswa ketika mereka sampai di restoran McDonalds. "Sebagai bentuk keprihatinan terhadap serangan Israel ke Palestina, kami menyerukan kepada segenap warga Muslim untuk memboikot produk Israel beserta Sekutunya. Dua restoran ini merupakan salah satu kepanjangan tangan mereka," kata Abu Bakar, koordinator aksi.

Unjuk rasa berlangsung tertib karena dijaga ketat puluhan personel polisi dari jajaran Poltabes Palembang. Setelah dari kedua restoran itu, massa kemudian bergerak menuju Bundaran Air Mancur dan berorasi. "Kami sudah dua kali menggelar aksi. Kami akan menggelar aksi susulan, terutama menggalang dana untuk membantu korban perang di Jalur Gaza. Kami berterima kasih atas partisipasi warga, uangnya akan langsung dikirimkan ke relawan di Palestina," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com