Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Pasien RSU Dr Slamet Garut Telantar

Kompas.com - 28/12/2008, 09:26 WIB

GARUT, MINGGU — Puluhan pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU Dr Slamet Garut, Jawa Barat, telantar dan dibiarkan tanpa segera mendapatkan perawatan.

Keluhan tersebut antara lain dikemukakan Mustari (42), seorang keluarga pasien asal Jalan Ranggalawe, Garut, Minggu (28/12), yang mengaku terpaksa segera memindahkan keluarganya ke rumah sakit lain sejak Jumat malam (27/12) lalu.

Pasien lain pun banyak yang dibiarkan telantar atau tidak segera memperoleh perawatan sebagaimana mestinya di ruang IGD tersebut.

Kondisi yang sangat memprihatinkan itu, diperparah oleh keadaan ruangan yang tidak nyaman, kotor, dan kumuh sehingga dinilai tidak sehat untuk digunakan sebagai ruang perawatan gawat darurat, katanya.

Sementara Kepala RSU setempat, dr Widjayanti Utoyo, SPM melalui pesan singkatnya (SMS) mengemukakan, tengah terjadi penumpukan pasien di ruang IGD dalam jumlah banyak yang tidak pernah terjadi sebelumnya. "Terbatasnya kapasitas ruang rawat inap mengakibatkan layanan pasien sedikit terhambat," katanya.

Dia berjanji bisa segera menyelesaikan permasalahan tersebut, agar layanan kepada para pasien bisa secepat mungkin ditangani.

Sekretaris Daerah (Sekda) Garut Wowo Wibowo menegaskan, keterlambatan pelayanan perawatan kepada pasien di ruang IGD, semestinya tidak pernah terjadi. "Apa pun alasannya, pelayanan kepada para pasien di ruang IGD harus tetap dilakukan agar mereka tidak telantar," katanya.

Dia juga berjanji untuk segera mengevaluasi kualitas kinerja para pengelola RSU dr Slamet sehingga peristiwa telantarnya puluhan pasien di ruang IGD tidak terulang lagi di kemudian hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com