Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Mini Datangkan Dua Kebo Bule

Kompas.com - 25/12/2008, 23:58 WIB

JAKARTA, KAMIS - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan didatangi tamu penting dari Keraton Kasunanan Surakarta, Jawa Tengah. Bukan sembarang tamu karena yang datang kali ini adalah sepasang kerbau bule alias kerbau berwarna putih yang sering dijuluki Kiai Slamet.

Dua kerbau bule itu akan tiba di TMMI, Jumat (26/12) pukul 10.00. Kedua hewan langka yang dianggap keramat itu nantinya akan menjadi penghuni tetap TMII yang bisa diliat pengunjung setiap saat.

"Kerbau bule tersebut nanti akan menjadi bagian wahana TMII yang ditempatkan di Museum Komodo," kata Direktur Operasi Ade S Meyliala saat ditemui di kawasan wisata TMII, Jakarta, Kamis (25/12). Penyerahannya akan dilakukan melalui upacara sesuai adat Keraton Kasunanan Surakarta.

Selain menjadi objek kunjungan baru di TMII, ke depan kerbau bule tersebut juga akan dikeluarkan menjelang tahun baru Jawa/Islam. Pada Minggu (28/12) kerbau-tersebut tersebut akan melakukan kirab pertamanya di TMII.

Dalam kirab tersebut, kedua kerbau akan dihela mengelilingi sejumlah kawasan di TMII yang diiringi oleh rombongan dari perwakilan seluruh anjungan di TMII. Dalam rombongan tersebut juga akan dibawaa ratusan tumpeng yang dapat dinikmati pengunjung di akhir acara.

"Seperti ritual kirab yang terjadi di Surakarta kotoran kerbau bule tersebut juga bisa diperebutkan Termasuk tumpeng yang dibawa rombongan akan diperebutkan," ujar Ade.

Peringatan tahun baru Islam, lanjut Ade nantinya akan dijadikan upacara budaya di Indonesia tidak hanya berlaku untuk agama dan budaya tertentu. Namun seluruh lapisan masyarakat bisa mengikuti kegiatan ini.

"Maka dari itu dalam proses kirab kita tidak akan membawa gunungan tetapi berupa tumpeng. Di samping itu kami sedang menngupayakan kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan budaya secara nasional," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com