Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Jalan Wisata Dieng Rusak Parah

Kompas.com - 17/11/2008, 06:56 WIB

SEMARANG, SENIN - Jalan jalur alternati Kejajar-Tambi-Jumprit-Kandangan di rute tengah Jawa Tengah, kondisinya kini rusak parah. Ruas jalan alternatif menuju ke obyek wisata Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo dari arah Temanggung, sepanjang lebih 60 kilometer mulai berlubang-lubang.

Pantauan Senin (17/11) pagi di sepanjang jalan yan elok itu namoak kerusakan jalan mulai memasuki perbatasan Wonosobo-Temanggung. Jalan berubang-lubang sebagian hanya ditutupi batu kali, kondisi ini membahayakan pengendara sepeda motor dan mobil, mengingat jalan tersebut didominasi tanjakan dan turunan dengan sejumlah tikungan tajam.

Warga di Jumprit, Temanggung, Rudito mengatakan, sebagai jalur wisata juga jalur distribudi komoditas sayuran dan tembakau yang vital seharusnye kerusakan jalan ini segera diperbaiki. "Bila jalan diperbaki, petanu tentu senang karena tidak terbebani ongkos biaya tinggi dan mobil angkutan tak cepat rusak," kata Rudito.

Sebagai jalur wisata, pengunjung yang melintas di jalur ini akan bisa menengok mata air Jumprit yang akhir-akhir ini banyak dipakai untuk air suci Acara Waisak serta mengunjungi wisata agro Tambi yang meruakan wisata kebun teh tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com