Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mars Korps Baret Jingga Bergema di Lebanon

Kompas.com - 20/10/2008, 23:35 WIB

LEBANON SELATAN, SENIN - “Aku ini Prajurit Baret Jingga, Di dadaku merasuk Jiwa Sapta Marga, Pembela Merah Putih, Pengabdi Bangsa...” Demikian bunyi salah satu bait syair lagu Mars yang dinyanyikan oleh para prajurit Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI AU saat mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-61 Korpaskhas di Lapangan Parade Soekarno Base Markas Satgas Yon Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-B Adshit Al Qusayr, UN Posn 7-1 Lebanon Selatan.

Upacara Peringatan HUT diikuti oleh 48 prajurit Korpaskhas TNI AU yang tergabung dalam Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-B/UNIFIL beserta sejumlah prajurit dari matra lainnya.

Selesai pelaksanaan upacara, Wadansatgas yang didampingi Perwira Staf Konga XXIII-B serta anggota yang terlibat dalam upacara, baik yang berasal dari matra TNI AD dan TNI AL memberikan ucapan selamat kepada seluruh prajurit Korpaskhas TNI AU yang hadir.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun sebagai ungkapan rasa syukur atas kelancaran tugas selama ini. Untuk pemotongan pertama dilakukan oleh Wadansatgas dan potongan kue tersebut diserahkan kepada anggota termuda Korpaskhas yaitu Pratu Dayo.

Lettu Adm Donny Wijaya, koordinator acara HUT Korpaskhas saat dimintai komentarnya menyatakan jumlah personel Korpaskhas merupakan mayoritas dari 63 anggota TNI AU yang bertugas di Satgas Konga XXIII B.

Ia juga menyampaikan dalam rangka HUT ini, anggota Korpaskhas yang tergabung dalam Konga XXIII-B juga telah memberikan sumbangan dana untuk Yayasan Panti Asuhan “Amalia” yang berlokasi di Subang, Kalijati melalui salah satu personelnya Praka Wahyu Saputro yang pada saat bersamaan sedang melaksanakan cuti pulang ke Indonesia.

Di antara Kontingen PBB lainnya yang bertugas di Lebanon, hanya Kontingen Indonesia yang secara rutin  melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) satuan-satuannya. Hal ini merupakan salah satu Tradisi Satuan yang terus dilestarikan oleh prajurit TNI di manapun berada, baik dalam penugasan dalam negeri maupun di luar negeri, termasuk prajurit Konga XXIII-B yang telah bertugas sejak November tahun lalu. HO- FIA

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com